Unud Anugerahkan Doktor Honoris Causa Kepada Prof. Takuya Marumoto

Denpasar  – Universitas Udayana menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Prof. Takuya Marumoto, Ph.D dari Yamaguchi University, Japan, Jumat (30/06/2017) di Ruang Aula Gedung Pascasarajana Kampus Sudirman Denpasar. Doktor Honoris Causa merupakan sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi/universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut. Gelar Honoris Causa dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.


(Prof. Takuya Marumoto, Ph.D dalam memberikan orasi ilmiah dengan judul “Environmental Restoration by New Technology for Prevention of Soil Erosion and Revegetation on Bare Slopes in Japan and Indonesia”)

Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Prof. Takuya Marumoto, Ph.D merupakan penghargaan yang diberikan Unud atas kontribusinya dalam memperkuat kerja sama dengan Yamaguchi University terutama dalam bidang pertanian dan teknologi. Prof. Takuya Marumoto, PhD, merupakan Presiden Yamaguchi University periode 2006-2014 dan saat ini menjabat sebagai Auditor Kyoto University, dan juga Direktur Eksekutif Takino Filter Inc. Japan. Pada kesempatan tersebut Prof. Takuya Marumoto, Ph.D memberikan orasi ilmiah dengan judul “Environmental Restoration by New Technology for Prevention of Soil Erosion and Revegetation on Bare Slopes in Japan and Indonesia”.

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD dalam sambutannya menyampaikan diawal  jabatannya menjadi Rektor diundang ke Yamaguchi University untuk menghadiri acara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Prof. Dr. dr. I Made Bakta. Sp.PD (KHOM), Guru Besar Fakultas Kedokteran Unud. Merupakan suatu kebanggaan bagi Universitas Udayana mengingat Prof. Made Bakta merupakan orang ketiga yang mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Yamaguchi University. Lebih lanjut Prof. Ketut Suastika menyampaikan bahwa Prof. Takuya Marumoto, Ph.D memiliki peranan yang sangat besar dalam membangun hubungan yang luar biasa antara Unud dengan Yamaguchi University yang masih terus berjalan dengan baik sampai saat ini.

(Rektor Unud, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD dalam menyampaikan sambutannya)

Selama masa kerjanya, banyak kerjasama bidang akademik dan penelitian yang dilaksanakan antara Universitas Udayana dan Yamaguchi University dengan inisiatif dari Profesor Takuya Marumoto. Salah satunya yaitu proyek yang paling bergengsi “Pilot Survey for Disseminating SME’s Technologies for Disaster Prevention and Environmental Regeneration”,  sebuah kolaborasi penelitian antara Universitas Udayana dan Yamaguchi University – Takino Filter Inc, yang didanai oleh Pemerintah Jepang di bawah Japan International Cooperation Agency (JICA).

Rektor berharap bahwa pencapaian dan penemuannya tersebut akan mengilhami dunia akademisi pada umumnya, juga kepada para profesor dan civitas akademika Universitas Udayana pada khususnya, untuk mengikuti jalan Profesor Takuya Marumoto dalam menyumbangkan ilmunya di dunia internasional. (HM)


(Foto Suasana Sidang Senat Terbuka Universitas Udayana yang dihadiri oleh Rektor dan Para Wakil Rektor, Anggota Senat Universitas Udayana, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, Mahasiswa dan Alumni Fakultas Pertanian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *