Smart Grid, Solusi Sistem Trasportasi Berbasis Kelistrikan yang Ramah Lingkungan


Denpasar – Universitas Udayana bekerja sama dengan PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia) menyelenggarakan Seminar dengan tema “Smart Grid Untuk Mendorong Sistem Kelistrikan yang Handal, Efisien dan Ramah Lingkungan”, Kamis (27/07/2017) di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman. Hadir dalam kesempatan  ini, Wakil Menteri ESDM yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Asisten II Gubernur Bali, General Manager PT PLN Distribusi Bali, Founder beserta pengurus PJCI, Dekan Fakultas Teknik dan Dekan Fakultas MIPA serta peserta dari unsur akademisi, pemerintah dan swasta.

Founder PJCI, Eddie Widiono dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan ulang tahun ke- 2 dari PJCI yang dilaksanakan di Universitas Udayana. PJCI lahir dari keinginan para pakar untuk melahirkan sebuah sistem kelistrikan yang modern yang merupakan integrasi dari teknologi kelistrikan,informasi dan telekomunikasi.  PJCI juga menggalang komunikasi yang lebih baik dengan meluncurkan portal web periskop.com. Dalam portal ini akan disampaikan berita-berita terkini di bidang energi yang fokus pada teknologi. Periskop.com juga terhubung dengan facebook dan twitter. Lebih lanjut Eddie Widiono menyampaikan tema yang diambil dalam seminar sudah relevan dengan perkembangan terakhir dimana dalam salah satu pidato Menteri ESDM, pemerintah membentuk tim menyusun rancangan regulasi Indonesia mendukung pengembangan mobil listrik sebagai energi terbarukan. Pengaplikasian dari kutipan inilah yang menjadi misi dari PJCI. Eddie Widiono juga menyampaikan untuk mendukung hasil penemuan mahasiswa dalam seminar ini juga dirangkaikan dengan lomba karya ilmiah mahasiswa yang diikuti lima peserta hasil seleksi. Eddie berharap seminar ini akan terus menambah gairah dan dapat menemukan solusi bagi peneliti dan pengembang dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan kedepan.

Dekan Fakultas Teknik Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D mewakili Plt. Rektor Unud dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PJCI yang sudah mengajak Unud berkolaborasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Lebih lanjut Dekan Fakultas Teknik menyampaikan kebutuhan sumber energi konvensional semakin meningkat namun ketersediaan berkurang, sehingga teknologi yang baru seperti Smart Grid dapat menjadi solusi. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yakni pengembangan energi bersih di Indonesia. Inovasi dan kreativitas pada era sekarang  harus dikembangkan terutama bidang riset dan teknologi karena merupakan kunci dalam menghadapi persaingan. Melalui seminar ini diharapkan muncul ide-ide baru sehingga dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah dalam menyusun kebijakan.  Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Teknik mewakili Universitas Udayana juga menyampaikan selamat ulang tahun yang kedua bagi PJCI.

General Manager PT PLN Distribusi Bali dan Asisten II Gubernur Bali menyampaikan bahwa PLN dan Pemerintah sangat mendukung pengembangan Smart Grid yang berbasis kelistrikan sebagai solusi energi ramah lingkungan. Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang membuka seminar menyampaikan pengelolaan energy yang tidak baik dapat mengganggu laju perekonomian. Pemerintah telah menerbitkan peraturan tentang kebijakan energi nasional. PLN diharapkan selalu mendukung pengembangan Smart Grid sampai ke daerah-daerah.

Dalam seminar ini menghadirkan narasumber dari unsur pemerintah diantaranya  dari Kementerian ESDM, Kemenpan/Bappenas, Kominfo dan PT KAI serta unsur akademisi diantaranya dari Unud, ITB, dan ITS. Seminar ini juga mengundang unsur pengembang sebagai pembicara yakni dari HUAWEI dan REC Solar. Topik yang dibahas dalam seminar antara lain regulasi kelistrikan, kebijakan nasional, pengembangan  Smart Grid, mobil listrik, drone serta topik mengenai teknologi telekomunikasi. (HM)

(Pembukaan acara Smart Grid pemukulan gong dan potong tumpeng)

(Acara dihadiri oleh Wakil Menteri ESDM yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Asisten II Gubernur Bali, General Manager PT PLN Distribusi Bali, Founder beserta pengurus PJCI, Dekan Fakultas Teknik dan Dekan Fakultas MIPA serta dari unsur akademisi, pemerintah dan swasta)

(Penyerahan cinderamata saat acara Smart Grid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *