Menteri Pertanian RI Beri Kuliah Umum di Unud

(Mentan RI Selfi dengan calon wisudawan Unud)

Bukit Jimbaran – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP memberi kuliah umum di Universitas Udayana, Jumat (04/08/2017). Acara kuliah umum dilaksanakan di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran dihadiri oleh calon wisudawan yang berjumlah 903 orang. Dalam kesempatan ini juga hadir Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas di lingkungan Unud.

(Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS saat memberikan sambutan)

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pertanian RI atas kesedian untuk memberikan Kuliah Umum di Unud. Lebih lanjut Prof. Damriyasa menyampaikan saat ini telah dicapai kemajuan sangat tinggi dalam bidang pertanian,  hal ini dibuktikan dengan produk pertanian yang dulu diimpor, saat ini sudah surplus di Indonesia. Menteri Pertanian dalam hal ini sudah melibatkan Universitas bidang pertanian di Indonesia untuk ikut serta membangun sektor pertanian. Menteri juga memiliki perhatian khusus terhadap hasil riset di Universitas serta memiliki program untuk menampung lulusan universitas yakni wirausaha muda pertanian.

Kuliah umum ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi calon wisudawan untuk mengetahui langkah-langkah Kementerian dalam meningkatkan produksi pertanian yang sudah dicapai saat ini. Untuk mendukung hal tersebut Unud berupaya meningkatkan riset-riset yang dapat diterapkan langsung untuk petani dan produksi pertanian. Dalam kesempatan ini Prof. Damriyasa juga meminta bantuan Menteri untuk memberikan bantuan alat panen dan alat produksi pertanian sehingga teaching farm yang dimiliki Unud dapat berjalan optimal untuk mendukung program pertanian dari Menteri. Wakil Rektor Bidang Akademik berharap kerjasama unud dengan Kementerian Pertanian dapat terjalin lebih erat dan mendapat dukungan dari kementerian dalam meningkatkan produksi pertanian di Indonesia.

(Mentan RI, Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP saat memberikan Kuliah Umum kepada para Calon Wisudawan Unud)

Mentan RI, Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP dalam paparannya menyampaikan berbagai terobosan yang sudah dilakukan pemerintah dalam bidang pertanian, salah satunya saat ini Indonesia sudah tidak mengimpor beras. Kebijakan Kementerian Pertanian ini merupakan salah satu terobosan kebijakan dalam sektor pertanian di Indonesia. Disamping itu, Kementerian juga secara serius melakukan perbaikan sistem irigasi yang banyak mengalami kerusakan di Indonesia. Dalam bidang asuransi, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian memiliki program asuransi pertanian bagi petani untuk memotivasi petani agar tidak takut mengambil resiko jika terserang hama dan gagal panen. Hal lain yang juga menjadi target Kementerian Pertanian adalah pembukaan lahan sawah baru, sampai saat ini Kementerian sudah membuka lahan sawah baru seluas 40 ribu hektar dan beras yang dihasilkan sudah di ekspor ke Singapura.

Dalam kesempatan ini Mentan RI menghimbau calon wisudawan untuk melakukan hal terbaik di bidangnya untuk memajukan negeri serta berbagi pengalaman hidup dan memberikan motivasi kepada calon wisudawan dalam menentukan masa depannya. “Jangan pernah merasa pintar dan jangan pernah merasa hebat karena merupakan awal dari kehancuran, orang hebat adalah orang yang bisa bersinergi dengan lingkungannya”.(HM)


(Para Calon Wisudawan Ke 122 Universitas Udayana saat mengikuti kuliah umum dari Menteri Pertanian RI)

(Penyerahan cinderamata oleh Wakil Rektor Bidang Akademik kepada Menteri Pertanian RI)

(Foto Bersama Menteri Pertanian RI dengan perwakilan Calon Wisudawan Unud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *